Pahami 6 Tips Memilih Flashdisk Demi Keamanan Data Anda

 


Tak bisa dipungkiri bahwa kemajuan teknologi, pada akhirnya membuat manusia membutuhkan perangkat seperti komputer dan gadget untuk mempermudah pekerjaan. Tak hanya menghasilkan output berupa data atau dokumen hasil pekerjaan. Namun juga bagaimana caranya agar data atau dokumen yang Anda miliki, dapat tersimpan dengan aman.

Tips Memilih Flashdisk

Salah satu cara efektif dalam menyimpan data atau dokumen, pastinya melalui perangkat komputer atau gadget. Tetapi apa jadinya jika ruang penyimpanan dalam perangkat tersebut sudah penuh? Alhasil Anda membutuhkan flashdisk sebagai sarana penyimpanan yang lain. Lantas bagaimana tips memilih flashdisk tersebut?

1.                  Ruang Kapasitas

Pastikan jangka waktu penggunaan flashdisk tersebut, apakah untuk jangka panjang ataukah sementara saja. Termasuk besaran data yang akan disimpan. Setelah itu barulah Anda memilih flashdisk dengan kapasitas yang sesuai. Sebab saat ini tersedia produk flashdisk dengan beragam kapasitas mulai dari terkecil hingga terbesar.

2.                  Ketangguhan

Agar tahan lama, maka Anda harus memilih flashdisk yang tidak mudah rusak atau hancur. Pilih pula flashdisk yang memiliki bahan casing anti air dan mampu menahan suhu ekstrim. Termasuk memiliki tempat tali agar tidak mudah hilang atau terjatuh.

3.                  Keamanan

Untuk menghindari kehilangan flashdisk dan resiko pencurian data, maka pilihlah produk yang memiliki sistem pengaman seperti password atau sidik jari. Sehingga jika flashdisk hilang, data tetap aman, karena tidak bisa diakses siapapun.

4.                  Sistem Garansi

Anda sebaiknya membeli flashdisk bergaransi produsen agar merasa nyaman jika ternyata produk tersebut cacat. Garansi ini memungkinkan Anda melakukan komplain kepada pihak produsen, jika flashdisk tidak sesuai dengan harapan.

5.                  Kecepatan

Teliti pula kecepatan transfer data dari flashdisk. Sebab jika flashdisk berkecepatan tinggi, tentunya hal ini tidak akan banyak membuang waktu Anda dalam transfer data. Dan tidak semua flashdisk berkapasitas besar, memiliki kecepatan tinggi. Sehingga membutuhkan kejelian saat membelinya.

6.                  Merk

Pilih merk flashdisk dengan kecepatan, kapasitas, keamanan, casing dan harga terbaik. Tak ketinggalan garansi pembelian yang pastinya sangat dibutuhkan. Agar Anda tidak salah pilih dalam membeli perangkat, yang akan dipergunakan menyimpan data hingga jangka panjang.

Berbicara tentang merek, Sandisk menjadi salah satu merek flashdisk yang paling banyak dicari. Sandisk yang merupakan anak perusahaan dari Western Digital, faktanya memiliki banyak keunggulan. Diantaranya kapasitasnya yang besar dan kecepatan cukup memadai. Harganya pun terbilang masih cukup terjangkau.

Seperti produk Sandisk favorit, yaitu Sandisk Ultra Dual Drive USB Type A dan C. Flashdisk yang terbilang murah dengan harga tidak sampai dua ratus ribu rupiah, namun berkapasitas hingga 128 GB, dan berkecepatan 150 MB/s. Selain itu dapat digunakan untuk memindah data ke berbagai jenis perangkat. Designnya pun simetris sehingga memungkinkan dipasang dalam posisi terbalik.

Itulah sekilas tentang tips memilih flashdisk yang perlu Anda ketahui. Dan pastikan Anda membeli flashdisk Sandisk sebagai perangkat penyimpanan data yang terpercaya.