Caranya Menggunakan Android Tanpa Google

Selama beberapa tahun terakhir, saya menciptakan perubahan besar pada Caranya saya memakai ponsel. Saya memutuskan untuk menggunakan Android tanpa Google.

Bisakah aku menggunakan Android tanpa akun Google? Ternyata, melepaskan Google yaitu mungkin, dan pengalamannya tidak seburuk yg Anda kira.

Ini yaitu melihat apa yg masih bisa saya lakukan di Android tanpa bergantung pada layanan Google apa pun, termasuk Google Play Services, dan apa yg Musti saya mengalah.

Pertama, Mengapa menggunakan Android Tanpa Google
Hanya sekelompok orang tertentu yg bersedia memberikan saluran ke Play Store dan rangkaian aplikasi Google. yg mengatakan, Anda mungkin Keliru satu dari mereka. Ada banyak alasan mengapa Anda mungkin ingin menggunakan ponsel Android Google-gratis; berikut yaitu beberapa yg besar.

Google Sudah Tidak Terkendali 
Saat aku pertama kali mulai memakai Google, itu untuk melakukan pencarian. Kemudian itu menjadi Caranya untuk mengelola surat, yg kemudian berkembang menjadi lokasi untuk olahpesan cepat. Kemudian, Google menjadi Caranya untuk melihat peta, yg berubah menjadi pengganti GPS yg mengarahkan aku keliling kota. Lebih jauh lagi, itu menjadi lokasi untuk menulis dokumen dan menyimpan file. 

Google menjadi Caranya untuk menjelajahi web dan menyinkronkan setiap halaman yg aku kunjungi. Kemudian itu berubah menjadi Caranya untuk mengunduh dan mengelola aplikasi, melacak perangkat Android, dan menghapusnya dari jarak jauh. Pencarian di Android menjadi Google Now, yg lalu menjadi Google Assistant, ajudan digital yg menggunakan semua yg Google ketahui perihal kami menurut aCaranya kami.

Saya tidak menentang membuatkan informasi ini dengan perusahaan, tetapi membagikannya dengan satu perusahaan agak banyak. Ini membawa kita ke alasan berikutnya.

Anda Ingin Meningkatkan Privasi Anda 
Layanan Google Play berjalan di latar belakang pada setiap perangkat Android yg dikirimkan bersama Play Store. Ini membantu Google melaksanakan sejumlah tugas, mulai dari memasang aplikasi dari jarak jauh hingga menarik lokasi Anda. Layanan ini juga memberikan akses aplikasi pihak ketiga ke beberapa fungsi itu.

Memilih untuk memakai Android tanpa masuk ke akun Google mengurangi beberapa isu yg Anda berikan. Konon, itu tidak Bakal tiba-datang mengubah perangkat Anda menjadi hantu. Tindakan ping dan koneksi ke menara sel menciptakan ponsel seCaranya inheren sanggup dilacak. Tetapi melaksanakan perubahan ini mengurangi beberapa gosip yg Anda hasilkan dan bagikan.

Anda Suka Open Source 
Android adalah sistem operasi open source, tetapi sebagian besar perangkat lunak yg kami gunakan di ponsel kami tidak. Jika Anda hanya ingin menggunakan bit sumber terbuka, Caranya termudah yaitu Mengubah firmware default ponsel Anda dengan ROM khusus. 

Dengan Caranya ini, Anda tahu Anda menerima bagian yg Google sumbangkan untuk Proyek Sumber Terbuka Android. Tentu, ada beberapa bit hak milik yg menciptakan radio dan sensor ponsel Anda berfungsi, tetapi itu ialah kompromi yg sama dengan yg kita lakukan Saat kita menginstal Linux pada PC kita.

Karena sangat sulit untuk mengetahui aplikasi mana di Play Store yg merupakan sumber terbuka, menghindarinya sepenuhnya mengurangi kemungkinan Anda memasang sesuatu sumber tertutup. Anda masih perlu menerima aplikasi dari suatu kawasan, tetapi kami Bakal kembali ke sana.

Mengapa Anda Tidak Musti Google-Free
Anda ingin tahu perihal memakai ponsel Android non-Google. Tapi tunggu sebentar. Berikut ialah beberapa alasan mengapa Anda ingin menahan diri.

Anda Mungkin Musti Menyerah Banyak Aplikasi 
Anda mungkin tidak sanggup terus memakai banyak dari apa yg Anda andalkan Saat ini. Mengucapkan selamat tinggal pada Google berarti kehilangan banyak aplikasi Android yg dibentuk Google. 

Jika Anda memilih untuk melangkah lebih jauh, dan hanya memakai perangkat lunak open source, ibarat yg aku lakukan, ini bahkan lebih drastis. Ucapkan selamat tinggal pada jejaring sosial, layanan streaming musik, permainan populer, sebagian besar alat navigasi, penyedia penyimpanan cloud, situs streaming video, dan banyak alat produktivitas.

Ada beberapa alternatif untuk beberapa aplikasi ini yg tersedia, tetapi jika Anda ingin menggunakan 100% open source, Anda Bakal kehilangan sedikit.

Pembaruan lebih lambat 
Toko aplikasi alternatif mungkin menyediakan kanal ke sejumlah aplikasi yg Bakal Anda temukan di Google Play, tetapi pembaruan tidak segera dilakukan. Beberapa sumber ini jatuh minggu atau bulan.

Ini bukan hanya problem kehilangan fitur-fitur terbaru.

Risiko Keamanan 
Pembaruan lambat mampu membuat Anda terbuka untuk kerentanan yg diketahui. Tapi itu bukan risiko keamanan utama yg Anda buka. Caranya paling umum untuk berkompromi dengan sebuah perangkat adalah dengan menginstal perangkat lunak berbahaya, biasanya tanpa curiga. menggunakan toko aplikasi alternatif berarti memungkinkan perangkat Anda untuk menginstal perangkat lunak di luar Play Store, membuka diri terhadap serangan semacam ini. 

Baca Juga Sayangnya, ini ialah trade-off yg Musti Anda pertimbangkan sendiri. Apakah Anda mengandalkan keamanan pemanis yg berasal dari hanya menginstal perangkat lunak dari Play Store (yg, sepadan dengan nilainya, kadang periode mampu membuat perangkat lunak samar lewat)? Atau apakah Anda mendapatkan aplikasi dari lokasi lain dan berisiko menerima sesuatu yg belum diperiksa?

Aplikasi Apa yg Dapat Anda Gunakan Di Luar Kotak
Bahkan tanpa menginstal satu aplikasi, smartphone kita sudah mampu melakukan banyak hal. Anda sanggup melakukan panggilan, mengirim pesan teks, mengambil foto, mengelola kalender, mendengarkan musik, menuntaskan duduk perkara matematika, menciptakan catatan, dan menjelajahi web tanpa mencari perangkat lunak suplemen.

Ini sudah lebih dari apa yg sanggup dilakukan oleh ponsel fitur, dan mari kita menjadi konkret, jutaan orang masih membawa Keliru satu dari mereka di sekitarnya tanpa itu memiliki pengaruh negatif pada kehidupan mereka. Anda sanggup mengubah ponsel Android Anda menjadi dumbphone canggih dan berhenti di situ.

Seberapa fungsional ponsel Anda di luar kotak tergantung pada produsennya. Perangkat LG, HTC, dan Samsung dilengkapi dengan sejumlah aplikasi pra-instal yg hanya Bakal Anda temukan di masing-masing perangkat perusahaan. Aplikasi ini Bakal terus berfungsi tanpa menyinkronkan ponsel Anda ke akun Google.

Pada perangkat Pixel, situasinya sedikit lebih menantang, sebab yakni perangkat ini dimuat dengan perangkat lunak Google. Bahkan jika Anda menghapus semua aplikasi yg membutuhkan akun Google untuk berfungsi, Anda masih Bakal kehilangan beberapa fitur di aplikasi yg tersisa.

Misalnya, aplikasi dialer masih berfungsi dengan baik, tetapi itu tidak seCaranya otomatis menarik kontak, dan Anda hanya mampu menarik nomor yg disimpan ke perangkat Anda. Aplikasi kamera mengambil foto, tetapi tidak memberikan untuk seCaranya otomatis mencadangkannya ke Google Foto. Putar Musik hanya memutar file yg disimpan seCaranya lokal.

Terus terang, situasi ini tidak mengganggu aku. Terlepas dari ketersediaan luas layanan streaming musik, aku masih membeli album dan menyimpan musik aku seCaranya lokal. Bahkan dengan saluran ke layanan cloud, aku mencadangkan banyak data aku ke hard drive. Saat diberi pilihan untuk menyinkronkan riwayat dan tab penjelajahan aku, saya menolak.

Ini semua yakni kebiasaan yg saya bentuk sebab adalah planning data yg terbatas, jangkauan yg tidak terang, akses yg tidak konsisten ke koneksi internet yg ahli, dan ketidaknyamanan alasannya yaitu memercayai perusahaan yg mempercayai data eksklusif tersebut. Saya memberikan hal ini untuk menekankan bahwa mungkin ada manfaat lain yg Anda hilangkan dengan melepaskan Google yg tidak terjadi pada saya, alasannya adalah yaitu Caranya aku memakai ponsel aku.

yg menyampaikan, aku membutuhkan lebih banyak aplikasi dari ini untuk terus melakukan apa yg aku harapkan dari smartphone.

Bagaimana Anda Memperoleh Lebih Banyak Aplikasi Tanpa Google
Ada sejumlah toko aplikasi alternatif untuk Android, tetapi saya hanya Bakal mengulas beberapa. yg mana yg Anda sukai Bakal bervariasi tergantung pada mengapa Anda menentukan untuk menggunakan Android tanpa akun Google.

F-Droid 
Saya tidak hanya memilih untuk menggunakan smartphone tanpa Google. Saya juga ingin memakai perangkat lunak open source seCaranya eksklusif. Karena itu, saya memilih untuk menginstal F-Droid, semacam app store yg hanya berisi perangkat lunak bebas dan sumber terbuka. Pengguna Linux mungkin merasa lebih mirip repositori perangkat lunak. Layanan menyimpan log aplikasi baru dan memungkinkan Anda kembali ke rilis yg lebih lama jikalau perlu. 

F-Droid berisi lebih dari seribu aplikasi, dan aku menemukan aku mampu dapatkan hanya dengan memakai pilihannya. Karena itu, aku tidak memainkan banyak game di ponsel saya, aku juga tidak menggunakannya untuk menjelajahi jejaring sosial. Orang-orang yg tidak Bakal menemukan apa yg mereka cari di sini.

Download: F-Droid (Gratis)

Amazon Appstore 
Amazon Appstore telah ada sejak 2011 dan sekarang berisi lebih dari 300.000 aplikasi. Jika Anda tidak mempercayai Google tetapi masih ingin perangkat lunak Anda didistribusikan dengan nama populer lainnya, Amazon mungkin merupakan jalan yg tepat. Ini yakni toko aplikasi default di tablet Amazon Fire, dan koleksinya cukup besar untuk membuat orang yg membeli perangkat tersebut puas. 

Appstore tidak mempunyai akses ke perangkat lunak Google, tetapi Anda tidak Bakal kesulitan menemukan alternatif. Anda juga Bakal menemukan aplikasi dari jejaring sosial utama. Tetapi untuk yg sadar privasi, aku tidak melihat bagaimana perdagangan Google untuk Amazon sama sekali merupakan peningkatan.

Download: Amazon Appstore (Gratis)
Alternatif Google Play lainnya 
Selain F-Droid dan Amazon Appstore, ada beberapa alternatif Google Play lainnya. Anda juga mampu mempertimbangkan untuk mengusut toko aplikasi LG atau toko aplikasi Samsung jikalau Anda memiliki Keliru satu perangkat mereka.

Download Aplikasi Langsung Dari Browser Anda

Meskipun menerima perangkat lunak dari toko aplikasi adalah model yg disarankan, Anda juga mempunyai opsi untuk mengunduh aplikasi eksklusif dari situs web. Ini berisiko, jadi berhati-hatilah dengan situs web mana yg Anda percayai. Beberapa opsi penting termasuk CNET dan APK Mirror.

Kelemahan dari pendekatan ini adalah Anda tidak Bakal mendapatkan pembaruan otomatis, yg merupakan kerentanan keamanan. Saya sarankan mempertimbangkan ini sebagai opsi terakhir untuk aplikasi yg Musti dimiliki yg tidak mampu Anda temukan di luar Play Store.

Mengubah Fitur-Fitur Android yg Musti Dimiliki 
Smartphone memang cukup pandai ibarat itu, tetapi ada beberapa fitur yg banyak dari kita tidak mau mengalah. Apa yg Anda masukkan ke dalam kategori ini Bakal bervariasi, tetapi ini ialah kategori di mana saya Musti mencari opsi yg baik.

Pencarian dan Penjelajahan Web 
Saya tidak menggunakan ponsel saya untuk menjelajahi web sebanyak itu. Saat aku membuka browser web, biasanya untuk mencari sesuatu. Jadi saya sangat bahagia menemukan bahwa DuckDuckGo, mesin pencari yg tidak melacak Anda, memiliki aplikasi Android yg menggabungkan dua pengalaman menjadi satu. 

Baca Juga Anda sanggup melakukan pencarian dan membuka halaman yg dihasilkan semuanya di lokasi yg sama. Anda juga mampu menjatuhkan widget di bab atas layar beranda lokasi Anda biasanya melihat Google.

Jika setengah dari pencarian Anda ada di Wikipedia, Anda mungkin ingin menginstal aplikasi Android khusus. Rute itu jauh lebih cepat daripada melalui browser.

Download: DuckDuckGo (Gratis)
Download: Wikipedia (Gratis)

Navigasi 
Google Maps mampu bekerja tanpa akun, tetapi aku sudah mengurangi penggunaan aku bahkan sebelum meninggalkan Play Store. Sebaliknya aku mencoba opsi ibarat Sygic dan Nokia Here. Aplikasi ini masih tersedia di kawasan-daerah di luar Play Store. 

Karena saya tetapkan untuk pergi ke rute open source, saya jadinya menetap di OsmAnd. Ini tidak terlalu mencolok ibarat aplikasi navigasi lainnya, tetapi dengan opsi untuk mengunduh peta gratis dari sebagian besar dunia, ia memang mempunyai kelebihan. Saya merekomendasikan memasangkan OSMAnd dengan aplikasi pengalamatan alamat menyerupai Acastus, alasannya yaitu aplikasi ini cukup buruk dalam mengenali alamat jalan sendiri.

Download: OsmAnd (Gratis)
Download: Acastus Photon (Gratis)

Podcast 
Podcast ialah bentuk hiburan utama bagi saya. Aplikasi podcast favorit saya sebelumnya yakni BeyondPod, tetapi kini aku sudah mulai menggunakan AntennaPod. 

Baca Juga Hanya ada beberapa opsi lain yg tersedia di F-Droid, tetapi kalau Anda tidak bekerja dengan batasan itu, Anda seharusnya tidak memiliki duduk perkara sama sekali menemukan aplikasi podcast yg baik di toko pilihan pilihan Anda.

Download: AntennaPod (Gratis)

Catatan dan Daftar yg Musti Dilakukan 
Saya sangat suka Google Keep, tetapi aku bukan penggemar Caranya sinkronisasi semua hal ke cloud. Ini berarti aku juga menunda Evernote dan alternatif serupa. Saya lebih suka aplikasi yg hanya menyimpan catatan aku seCaranya lokal. Untungnya, ada beberapa opsi: 

Download: Mirakel
Download: Notepad
Download: Tugas (garpu sumber terbuka dari Astrid)

Kurang lebih. Perangkat saya tiba dengan pemutar musik yg layak, dan begitu pula OS yg dikirimkan pada sebagian besar ponsel. Jika Anda memerlukan rekomendasi, coba Shuttle, yg tersedia di Amazon Appstore. Anda juga sanggup menemukan Spotify, iHeartRadio, dan Pandora di sana.

Di depan jejaring sosial, ada Facebook, Pinterest, Instagram, dan Twitter. Toko Amazon juga sarat dengan game.

Hidup Tanpa Layanan Google Play 
Tidak masuk ke akun Google memotong perusahaan dari identitas eksklusif Anda, tetapi itu tidak memutuskan sambungan Google dari perangkat Anda. Untuk benar-benar bebas dari Google, Anda Musti menyingkirkan layanan Google Play. Namun, Anda tidak mampu melakukannya tanpa upaya yg layak. Ini bukan Keliru satu aplikasi yg bisa Anda nonaktifkan. 

Ada dua pilihan yg bisa Anda buat. Opsi yg paling tidak invasif yaitu melaksanakan rooting pada ponsel Anda, yg memungkinkan Anda menghapus perangkat lunak yg tidak sanggup Anda hapus. yg kedua adalah Mengubah OS default ponsel Anda dengan ROM khusus. Saya pergi dengan pendekatan yg terakhir.

Bahkan sesudah Anda melakukan ini, beberapa aplikasi memerlukan Layanan Google Play untuk dijalankan. Ini berarti melaksanakan tanpa beberapa aplikasi pihak ketiga yg sangat baik menyerupai Pushbullet. Sayangnya, aplikasi yg membutuhkan Layanan Google Play tidak ditandai dengan terperinci.

Ternyata, solusi aku ialah seCaranya langsung menggunakan perangkat lunak yg mampu saya temukan di F-Droid. Meskipun demikian, Anda mungkin sanggup bertahan dengan apa pun yg Anda temukan di Amazon atau di pasar alternatif di mana aplikasi Google tidak tersedia. Anda Bakal baik-baik saja kecuali Anda mulai mencari-cari APK di web.

Bagaimana Jika Saya Hanya memakai Layanan Google Play
Jika Anda tertarik untuk menghentikan Google, itu mungkin karena yakni Anda tidak ingin memberi begitu banyak gosip kepada perusahaan.

Nah, luangkan waktu untuk pergi ke halaman Play Store layanan Google Play dan melihat daftar izin yg dibutuhkan. Anda mungkin tidak pernah melaksanakan ini sebelumnya, alasannya yaitu layanan latar belakang telah diinstal sebelumnya pada sebagian besar perangkat dan umumnya hanya menarik perhatian pada dirinya sendiri Saat crash. Pokoknya, perhatikan bagaimana Anda memberikan kanal ke segala hal. 

Ini bukan diam-membisu memalukan atau apa pun. Anda sanggup mengunjungi situs Google Developers untuk melihat bagaimana layanan Google Play dimaksudkan untuk diintegrasikan dengan Android dan aplikasi Android. Sebagian besar izin tersebut kemungkinan ada untuk memungkinkan integrasi ini. Namun demikian, banyak sekali izin yg Anda berikan ke aplikasi yg terhubung ke server jarak jauh, biasanya tanpa pemberitahuan.

Tetapi aku tidak sanggup melakukannya tanpa Google
Oke, Anda tidak perlu memotong diri sepenuhnya. Anda masih mempunyai opsi untuk masuk ke situs Google di peramban seluler dengan Caranya yg sama mirip yg Anda lakukan dari PC. Pengalaman tidak Bakal sebagus menggunakan aplikasi agar, tetapi bila Anda khawatir wacana privasi, opsi ini memungkinkan Anda menjelajah dalam mode penyamaran atau menghapus cookie seCaranya manual kapan pun Anda mau.

Baca Juga