Ini Dia 4 Tanda Mesin Cuci yang Harus Segera Diperbaiki


Memiliki mesin cuci merupakan salah satu dari jenis investasi. Terutama bagi Anda yang memiliki usaha dalam bidang ini. Banyak aturan yang harus diterapkan saat hendak mencuci menggunakan mesin cuci. Belum lagi jika Anda membuka usaha laundry dengan sistem cuci sendiri. Edukasi kepada konsumen menjadi penting. Jika tidak siap-siap Anda harus service mesin cuci Anda.

1. Suara yang Tidak Semestinya

Biasanya mesin cuci yang normal akan menghasilkan suara yang tenang. Selain itu, suara yang dihasilkan pun terdapat jeda. Meskipun teknologi semakin lama semakin canggih, suara yang dihasilkan oleh mesin cuci tidak dapat dihindari. Adanya suaranya mesin cuci menjadi indikator yang paling utama bahwa mesin cuci sedang bekerja.

Apabila Anda menemukan suara yang tidak semestinya pada mesin cuci, Anda harus bersiap untuk membenarkannya. Setidaknya Anda harus mengecek, apakah terjadi kesalahan atau lainnya. Jika suara sudah mulai tidak terkendali dan begitu berisik, maka bisa jadi hal itu menandakan adanya kesalahan pada komponen mesin cuci.

2. Keluar Bau Tidak Sedap dari Dalam Mesin

Mesin cuci yang baik apabila diberikan deterjen ke dalamnya, kan meninggalkan bau harum pada pakaian. Setidaknya hasil air yang dikeluarkan oleh mesin cuci terdapat gelembung dan barang menjadi harum. Namun, apabila Anda menjumpai pakaian atau barang lainnya yang Anda cuci masih berbau harum berarti ada yang salah.

Sebelum adanya hal ini, Anda bisa mengecek pada bagian dalam mesin cuci. Saat Anda membuka mesin cuci dan pada saat itu langsung keluar bau apek atau tidak sedap, artinya Anda harus service. Jangan panik dulu sebelum Anda mencoba menghilangkan bau itu. Caranya kurans dulu bagian dalam mesin dengan air dan sabun.

Jangan memasukkan barang apapun ke dalamnya. Ulangi terus menerus setidaknya sampai 3 kali. Jika bau apek atau tidak sedap tetap keluar, berarti memang saatnya Anda memanggil tukang service mesin cuci. Anda bisa menggunakan platform Sejasa karena perusahaan ini menyediakan tukang service yang bisa diandalkan dan terpercaya. 

3. Tidak Berputar Semestinya

Ciri berikutnya adalah mesin yang tidak berputar sebagaimana mestinya. Pada umumnya, mesin cuci, baik itu yang top loading, front loading, 1 tabung, ataupun 2 tabung, akan bekerja dengan cara memutar barang yang ada di dalamnya. Saat Anda mencuci tidak mendengar suara perputarannya, maka bisa dipastikan ada yang salah dengan mesin cuci. Anda bisa mengecek dan melihat secara langsung mesin berputar atau tidak.

Jika tidak, ada baiknya Anda mengatur tingkat kecepatan perputaran pada level bawah. Saat baru dihidupkan, cobalah Anda memilih kecepatan perputaran level 1 atau level paling kecil. Jangan terburu-buru menggunakan level atas atau level yang tinggi agar cepat selesai. Bisa jadi, ini disebabkan oleh kesalahan dalam memilih kecepatan perputaran mesin.

4. Lampu Indikator Tidak Berfungsi

Tanda berikutnya adalah mengenai lampu indikator. Biasanya, mesin cuci yang dalam kondisi baik, lampu akan mengikuti mesin saat bekerja. Misalnya, saat Anda mengatur timer maka mesin akan berhenti saat timer dan timer itupun akan menyala. Bisa juga, saat mesin nyala, lampu indikator power menyala. Hal ini bisa menjadi acuan Anda untuk mengecek kondisi mesin cuci.

Itulah beberapa tanda mesin cuci Anda dalam kondisi yang tidak baik. Saat Anda mengetahui ada yang tidak semestinya atau tidak wajar, jangan panik terlebih dahulu. Cek semua kondisi dan keadaan yang terjadi pada mesin. Jika tetap tidak berfungsi, sudah saatnya Anda memanggil tukang service mesin cuci.