Hal-hal yang Bisa Mempengaruhi Harga Mobil Bekas di Showroom


Things that Can Affect Used Car Prices in the Showroom

Seperti diketahui bahwa mobil bekas memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan mobil baru. Harga mobil bekas bahkan bisa berkurang hingga 70%nya dari mobil baru. Tentu saja hal ini membuat masyarakat yang memiliki budget terbatas dalam membeli mobil bisa mendapatkan keuntungan karena bisa memiliki mobil dengan harga yang lebih terjangkau. mobil bekas pun tak selalu memiliki performa yang buruk karena semua itu tergantung dari perawatan yang dilakukan oleh pemilik pertama. selain itu tahun pembuatan dan masa pakai juga bisa mempengaruhi performanya.

Bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas, jangan kaget jika di pasaran menemukan harga yang berbeda-beda meski untuk varian mobil yang sama. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor dari kondisi mobil itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa mempengaruhi harga sebuah mobil bekas yang juga perlu Anda ketahui sebelum membelinya:

  1. Tahun pembuatan.
Semakin tua usia mobil tersebut maka akan semakin jatuh nilai jualnya sebagai mobil bekas. Misalnya Anda membandingkan mobil Carry untuk keluaran tahun 95 dan tahun 97, tentu saja keluaran tahun 97 akan memiliki harga pasaran yang lebih mahal. Akan tetapi kembali lagi pada kondisi mobil tersebut dan harga pasaran umumnya diberlakukan untuk kondisi mobil normal.

  1. Kondisi mesin.
Untuk kondisi mesin akan sangat mempengaruhi harganya. Mesin mobil yang masih baik dan ringan namun bertenaga akan membuat mobil memiliki harga maksimal jika tak ada kekurangan lainnya. Sebaliknya, jika mesin ternyata mati atau mogok saat dilakukan test drive, maka mobil bisa menjadi tidak laku atau memiliki harga yang sangat murah. untuk itu saat membeli mobil bekas, pastikan Anda membawa teman yang mengetahui masalah mesin mobil untuk bisa menaksir harga mobil yang akan dibeli tersebut.

  1. Kondisi body.
Meski hanya bisa mempengaruhi sedikit saja perbedaan harga, namun body mobil juga memegang peranan penting terutama untuk mobil second yang masih baru. Mobil-mobil keluaran tahun 2010 keatas, seharusnya masih memiliki body yang mulus terawat dibandingkan mobil keluaran tahun 90an. Jika mobil tahun 2010an sudah memiliki body yang cacat, dan dijual dalam kondisi tersebut, bisa mempengaruhi harga jual dengan jumlah yang cukup besar.

  1. Surat-surat.
Kelengkapan surat-surat akan memberikan perbedaan yang besar terhadap harga mobilnya. Bahkan mobil yang tidak dilengkapi surat-surat atau mobil bodong bisa tak laku di pasaran karena merupakan mobil ilegal. Namun jika surat-surat lengkap namun pajak atau pergantian stnk terlambat, Anda bisa mengurangi harga jualnya dari harga pasaran untuk menyesuaikan dengan kebutuhan mengurus surat-surat hingga mobil kembali layak jalan.

  1. Plat nomer.
Mobil dengan plat nomer sesuai domisili atau kota tersebut akan memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan mobil dari luar kota. Karena Anda tak perlu melakukan mutasi apalagi hingga ke luar provinsi. Selain biaya mutasi, Anda juga harus meluangkan waktu untuk mengurus surat-surat tersebut agar mobil bisa digunakan di kota domisili Anda.

Itulah hal-hal yang bisa mempengaruhi harga mobil second untuk Anda ketahui sebelum memulai pencarian mobil second yang diinginkan. untuk menemukan mobil idaman dengan mudah, Anda bisa datang ke showroom mobil second yang telah memiliki koleksi berbagai tipe dan merek mobil second. Atau jika Anda ingin harga yang lebih terjangkau, bisa mencari dari iklan yang dipasang oleh pemilik langsung sehingga tak ada perantara yang terlibat.