Cara Pembuatan Makalah Yang Baik & Benar

Membuat Makalah - Bagi anda yang masih bersekolah atau kuliah tentu tak gila dengan laporan kiprah ini. Ya makalah dapat disebut dengan karya tulis, laporan kiprah merupakan karya akademis yang umumnya diterbitkan dalam suatu jurnal ilmiah dan membahas suatu pokok permasalahan tertentu. Yah tidak hanya mahasiswa atau mahasiswi saja yang dipusingkan dengan kiprah makalah ini alasannya yaitu kini sekolah tingkat SMU/ Sekolah Menengah kejuruan pun sudah memakai jenis makalah ini walaupun susunannya belum begitu resmi.

Paling susah yaitu makalah yang merupakan hasil penelitian maupun laporan kiprah resmi, alasannya yaitu memang harus memakai bahasa yang benar benar baku, memakai kertas standar untuk penyusunan makalah, font, spasi, ukuran font, struktur penulisan dll. Penyusunan sebuah makalah yang baik dan benar seharusnya memang harus diteliti dilapangan secara langsung. Maka tidak mengherankan kalau banyak dari mahasiswa/i merasa kesulitan untuk menciptakan makalah ini apalagi mereka gres saja memasuki jenjang kuliah. Tetapi mau tidak mau tetap harus mendalami dan mempelajari perihal pembuatan makalah ini dengan baik dan benar alasannya yaitu memang hal ini sangat dibutuhkan. Pembuatan makalah secara umum biasanya mempunyai elemen halaman menyerupai berikut ini:

 Bagi anda yang masih bersekolah atau kuliah tentu tak gila dengan laporan kiprah ini Cara Pembuatan Makalah Yang Baik & Benar

1. Cover
2. Judul Makalah
3. Kata Pengantar
4. Daftar Isi
5. Bab I Pendahuluan
6. Bab II Isi
7. Bab III Penutup
8. Daftar Pustaka

Menyusun Makalah Yang baik & benar

Nah sesudah anda mengetahui elemen elemen paling umum dalam penyusunan makalah tersebut, kita akan membahasnya satu persatu dan akan kita uraikan lagi konten-konten yang ada dalam tiap elemen diatas:

1. Cover
Cover atau halaman depan mempunyai pesan singkat yang menjelaskan secara singkat apa yang terkandung didalam makalah tersebut mulai dari:
  • Nama/ Judul Makalah
  • Logo Lembaga/ Institusi
  • Penulis/ penyusun yang mengajukan makalah tersebut
  • Nama Lembaga
  • Tahun Akademik.

2. Judul Makalah
Halaman Judul makalah berisi judul apa yang akan dibawakan dan nama dari penulis makalah. Pada lembar ini, penulisan judul makalah dapat disertai dengan penulis ataupun tanpa penulis makalah.

3. Kata Pengantar
Kata Pengantar merupakan kata-kata pengantar dari penulis berkenaan dengan topik yang dibawakan dalam makalah untuk menyuguhkan karya tulisnya kehadapan pembaca. Susunan kata pengantar ini biasanya berisi:
  • Salam pembuka
  • Mukadimmah/ pembuka
  • Sekilas proses pembuatan makalah
  • Ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang dianggap membantu dalam pembuatan makalah tersebut
  • Penutup mukadimmah
  • Salam penutup
  • Dan terakhir, nama penulis/ pemakalah

4. Daftar Isi
Daftar Isi merupakan halaman makalah yang berisi letak setiap Kata pengantar, Daftar isi, Bab, dan daftar pustaka, yakni pada halaman mana ditulis oleh penulis, biar mempermudah pembaca dalam mencari materi bacaannya. Halaman yang berisi letak halaman yang bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam pencarian materi yang ada dalam makalah tersebut berikut halamannya.

5. Bab I Pendahuluan
Pada elemen ini, kita mulai memasuki bab-bab makalah. Dimana dalam penggalan ini kita menunjukan konsep, rencana, gagasan, seputar permasalahan dan tujuan yang termuat dalam latar belakang penyususnan makalah. Setelah itu, adanya rumusan masalah, yakni masalah-masalah yang kita temukan pada materi makalah yang kita angkat tersebut.

Bab I Pendahuluan secara umum terdiri dari :

1.1 Latar Belakang
Berisi latar belakang dari penulisan makalah tersebut.
1.2 Rumusan masalah
Berisi masalah-masalah yang kita temukan pada materi makalah yang kita angkat tersebut
1.3 Maksud dan Tujuan
Berisi perihal apa yang menjadi maksud dan tujuan dari penulis menulis makalahnya.
1.4 Metode Penulisan
Metode apa yang dipakai dalam penulisan makalah tersebut.

6. Bab II Isi
Dalam penggalan ini, kita mulai menguraikan isi/ materi makalah, berisi pembahasan dari setiap duduk kasus dan pokok permasalah yang telah disajikan atau pembahasan secara rinci dari setiap pokok permasalahan. Dimulai dari:
  • Pengertian/ definisi
  • Ulasan materi
  • Adanya alur perbandingan (kalau diperlukan)
  • Penyelesaikan masalah, berikut solusi dan bantuan kita terhadap permasalahan yang ada pada materi makalah yang kita angkat tersebut.

7. Bab III Penutup
Berisi perihal kesimpulan dari penulis perihal topik yang telah dibawakannya. Di epilog ini juga kita kemukakan sambutan, terima kasih kepada pihak-pihak yang turut membantu dalam penyelesaian makalah tersebut.

III.2 Kritik & Saran
Berisi saran-saran dari penulis. Penulis juga haruslah membuka kesempatan kepada pembaca untuk memperlihatkan kritik dan saran terhadap makalah kita. Hal ini bertujuan supaya dalam pembuatan makalah berikutnya lebih baik lagi.

8. Daftar Pustaka
Berisi daftar dari materi bacaan / pustaka yang dipakai sebagai contoh dalam penyusunan makalah tersebut. Inilah penggalan terakhir (sebelum cover belakang) dalam penyusunan sebuah makalah. Daftar pustaka ini berisi nama-nama literature yang kita jadikan rujukan dalam pembuatan makalah tersebut. Literature disini mencakup jurnal ilmiah, buku, majalah, surat kabar, media elektronik, interview juga bias dari website internet. Akan tetapi, keberadaan/ keabsahan website internet untuk dijadikan rujukan karya ilmiah masih menjadi kontradiksi di kalangan akademisi. Ada kampus yang memperbolehkan, ada juga yang tidak membolehkan.

Nah demikian tadi merupakan susunan-susunan makalah secara umum yang disusun secara baik dan benar. Semoga artikel bermanfaat bagi para pembaca, kalau ada masukan, saran maupun suplemen silahkan berkomentar di form komentar yang telah disediakan terima kasih.