Cara Mengatasi Komedo Di Hidung & Wajah

Mengatasi komedo dengan alami - Pernahkah anda dibilang mempunyai hidung landak alasannya yaitu komedo di hidung anda, sebutan hidung landak sering sampaikan bagi mereka yang mempunyai banyak komedo dihidungnya. Tapi apa sih bergotong-royong komedo itu? Menurut situs wikipedia komedo merupakan tumpukan minyak maupun kotoran sanggup dari sel kulit mati, debu, minyak maupun sisa sisa kosmetik yang menyumbat pori-pori kulit. Komedo terdiri dari 2 jenis yaitu komedo terbuka (blackhead) dan komedo tertutup (whitehead). Sedang penyebab komedo ini yaitu sekresi atau penumpukan sel kulit mati atau minyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak (sebaceous) pada pori pori kulit hingga menciptakan pori pori kulit itu tersumbat.

 Pernahkah anda dibilang mempunyai hidung landak alasannya yaitu komedo di hidung anda Cara Mengatasi Komedo di Hidung & Wajah
Komedo terbuka & tertutup

Jenis-jenis Komedo
Komedo biasanya terdiri dari dua jenis yaitu komedo terbuka (balckhead) dan komedo tertutup (whitehead). Berikut penjelasannya:
  • Komedo terbuka (blackhead) yaitu terjadi dikala pori-pori membesar dan terbuka ke permukaan kulit dan ke kelenjar minyak, kemudian teroksidasi oleh udara dan berkembang menjadi warna hitam/coklat. Komedo jenis ini yaitu komedo yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang. Nah komedo ini biasanya sering dialami oleh orang yang mempunyai pori pori yang besar dan biasanya terdapat pada hidung.
  • Komedo tertutup (whitehead) yaitu komedo yang terjadi dari penumpukan sel kulit mati atau minyak dan terperangkap dibawah lapisan kulit makanya disebut dengan komedo tertutup, komedo ini ditandai dengan bintik bintik warna putih atau kuning dibawah permukaan kulit menyerupai bawah mata, pipi, dagu ataupun dahi.

Mencegah komedo
Nah ada beberapa cara semoga wajah anda terbebas dari komedo ini, berikut tips pencegahan komedo:
  1. Jaga semoga wajah selalu higienis dengan rajin membersihkannya.
  2. Hindari seringnya memakai kosmetik yang mengandung banyak minyak.
  3. Kurangi mengkonsumsi makanan berlemak menyerupai gorengan, daging berlemak, junk food dll
  4. Perbanyak minum air putih.

Cara alami mengatasi komedo
Ada banyak cara untuk mengatasi komedo memakai materi bahan alami yang sanggup anda kerjakan sendiri dirumah, berikut cara alami mengatasi komedo.

Menggunakan madu
madu mempunyai manfaat melembapkan, menyamarkan noda hitam, menghaluskan dan menutrisi kulit. Caranya yaitu dengan menghangatkan madu secukupnya kemudian oleskan pada wajah yang terdapat komedo dan bilas memakai air hangat.

Lemon
Lemon mempunyai manfaat mengangkat sel kulit mati, membantu meremajakan kulit, dan mengangkat kelebihan minyak pada kulit wajah. caranya yaitu dengan mengambil air perasan dari lemon ini kemudian oleskan pada wajah yang ada komedo nya diamkan selama 15 menit kemudian cuci memakai air dingin.

Gel pengecap buaya
Gel pengecap buaya mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh kulit salah satunya adlah vit E. caranya ambil gel atau lendir yang terdapat pada daging daun pengecap buaya kemudian oleskan pada komedo dan diamkan hingga kering. Setelah itu bilas memakai air dingin. baca juga cara mengatasi jerawat.