Cara Efektif Biar Laptop Tidak Lemot

Tips laptop lemot - Sangat tidak mengenakkan kalau laptop atau komputer yang kita pakai terasa lemot atau berat dengan loading yang cukup usang padahal kita sangat mengharapkan kinerja laptop atau komputer kita sanggup cepat. Mungkin anda sanggup dibentuk jengkel dengan kinerja laptop atau komputer anda yang lemot bahkan kalau anda harus menuntaskan kiprah tugas dari kampus atau kantor anda dengan cepat.

Laptop atau komputer lemot sanggup disebabkan oleh beberapa faktor. Sebelum membahas tips bagaimana mengatasi laptop lemot dengan cara sederhana berikut yakni beberapa alasan kenapa kinerja laptop atau komputer anda menjadi lemot bahkan sangat lemot.

  • Prosesor panas sanggup disebabkan fan prosesor lembek atau kotor.
  • Virus, spyware, malware, temporary file maupun registry eror
  • Banyaknya aplikasi di laptop
  • Kerusakan pada hardware menyerupai hardisk
  • Kapasitas memory 
  • Driver usang (tidak terupdate)
  • Umur laptop atau komputer
  • dll
 Sangat tidak mengenakkan kalau laptop atau komputer yang kita pakai terasa lemot atau bera Cara Efektif Agar Laptop Tidak Lemot
Laptop lemot menyerupai keong. Img source: Pixabay.com

 Cara Efektif Agar Laptop Tidak Lemot

Nah sehabis anda mengetahui kemungkinan kenapa laptop anda terlalu lemot kinerjanya berikut beberapa tips yang sanggup anda gunakan untuk mengatasi problem tersebut:

Prosesor Panas
Saat proses overload maka hal tersebut akan menyebabkan prosesor cepat panas, tentu saja kalau prosesor overheating atau terlalu panas sanggup menyebabkan problem pada kinerja laptop atau komputer menjadi lemot. Prosesor panas itu yakni hal masuk akal lantaran prosesor bekerja, namun kalau prosesor overheating atau terlalu panas maka hal itu tidak masuk akal dan menyebabkan komputer lemot. Tips mengatasinya yakni periksa apakan fan atau kipas laptop anda sudah lembek atau tidak bekerja sempurna. Bersihkan dan pastikan prosesor ataupun motherboard selalu dalam keadaan higienis termasuk RAM. Pastikan juga sirkulasi udara dalam CPU atau laptop anda sanggup keluar masuk dengan lancar.

Virus, temp dan registry eror
Pastikan anda mempunyai antivirus yang terupdate sehingga tidak ada virus, malware, spyware masuk dalam komputer anda lantaran sanggup menyebabkan laptop anda lemot. Pastikan juga anda mempunyai aplikasi cleaner untuk membersihkan temp dan registry eror di laptop anda.

Banyak aplikasi
Aplikasi yang dipakai terlalu banyak juga sanggup menyebabkan kinerja komputer maupun laptop menjadi lemot. Pastikan anda memasang aplikasi yang memang benar benar diharapkan saja biar kinerja komputer anda menjadi lebih lancar. Sembunyikan atau hindari shortcut aplikasi yang terlalu banyak pada desktop windows manager anda.

Kerusakan hardware
Kerusakan hardware menyerupai motherboard, RAm dan hardisk merupakan hal utama yang menyebabkan kinerja komputer menjadi lemot. Pastikan untuk rajin defragmentasi hardisk anda, memastikan tidak ada yang corupt di hardisk anda.

Kapasitas memori
Mungkin saking seangnya bermain game atau aplikasi tertentu menyebabkan anda banyak memasng aplikasi tersebut sehingga kinerja komputer menjadi lemot lantaran kelebihan kapasitas memori. Umumnya terjadi di local disk C kawasan biasa anda menempatkan aplikasi tersebut. Pastikan Ruang memori C plaing tidak tersisa 20 gb.

Driver lama
Driver usang juga sanggup menyebabkan kinerja komputer menjadi lambat lantaran prosesor kesulitan membaca driver yang terpasang dalam komputer anda. Pastikan untuk mengupdate driver anda ataupun windows update untuk memperbaharui driver usang dalam komputer anda.

Umur laptop
Umur laptop atau komputer juga sangat menghipnotis kinerja laptop atau komputer. Umur laptop atau komputer lebih 5 tahun ya masuk akal kalau sudah mulai ngadat dan lemot. Solusinya ganti gres laptop usang anda hehehehehe,...atau setidaknya lakukan perawatan dengan benar biar memanjangkan umur laptop atau komputer anda.